Kamis, 25 September 2014

Mahasiswa UMM Bisa Kerja Paruh Waktu

Sambil Skripsi, Mahasiswa UMM Bisa Kerja Paruh Waktu


 
KERJA PARUH WAKTU: Mahasiswa semester akhir tampak sedang melayani mahasiswa yang hendak masuk ke dalam perpustakaan UMM (22/9).

KERJA paruh waktu (part time) bisa menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa semester akhir sebelum lulus dari bangku kuliah. Sejak 2004, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sudah bisa menikmati kesempatan tersebut.
      Bagi mahasiswa UMM yang sedang skripsi dan tengah mengambil mata kuliah maksimal 2 SKS, kerja paruh waktu memang bisa menjadi pilihan. Mereka bisa kerja magang di berbagai unit kampus, mulai dari tata usaha fakultas, biro-biro di tingkat universitas, unit pelaksana teknis, pusat studi, hingga unit-unit bisnis milik UMM seperti Hotel UMM Inn, Pom Bensin UMM, Rumah Sakit UMM, hingga Taman Rekreasi Sengkaling UMM.
      Awal semester ini, menurut kepala Biro Kemahasiswaan UMM Drs Jainuri MSi, ada 310 mahasiswa yang diterima untuk kerja paruh waktu dengan kontrak kerja enam bulan, yaitu 21 September 2014-20 Maret 2015, ditambah opsi perpanjangan maksimal satu tahun bagi mereka yang prestasinya dianggap bagus. Mereka mulai aktif bekerja awal pekan ini, Senin (22/9).
      Para mahasiswa magang itu akan memperoleh insentif bulanan dan uang transport mingguan sesuai standar yang ditetapkan. Selama bekerja, kata Jainuri, mahasiswa ditugaskan membantu pekerjaan administratif atau teknis sesuai kebutuhan unit kerjanya masing-masing.
      Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris Manda Handika yang saat ini bekerja paruh waktu di unit American Corner (Amcor) UMM mengaku banyak mendapat manfaat dari kerja paruh waktu. Selain menambah pengalaman, Manda merasa aktivitasnya juga lebih produktif.
      “Apalagi buat mahasiswa yang lagi skripsi seperti saya, daripada ga ngapa-ngapain, ke kampus cuma satu dua kali, mending sekalian part time, lumayan juga buat nambah uang bulanan,” tuturnya. Karena merasa cocok dengan pekerjaan di Amcor, kontrak Manda yang semestinya sudah habis 20 September ini, akhirnya diperpanjang hingga enam bulan ke depan.
      Pembantu Rektor III Dr Diah Karmiyati Psi berharap para mahasiswa magang ini dapat mengembangan soft skill serta komunikasi interpersonalnya saat bekerja, sehingga menjadi bekal berharga setelah lulus nantinya. Diah juga ingin agar mereka memanfaatkan kesempatan ini dalam menunjang selesainya skripsi. “Saat luang, mereka dianjurkan memanfaatkan waktunya untuk mengerjakan skripsi,” ujar dosen Fakultas Psikologi ini.
      Setelah kontrak kerja para mahasiswa part time itu selesai, mereka akan mendapatkan sertifikat dari pihak kampus yang bisa digunakan sebagai pengalaman untuk kepentingan melamar pekerjaan. Bahkan, ada beberapa di antara mereka yang pada akhirnya diangkat sebagai pegawai tetap di UMM. (ger/han)

sumber : www.umm.ac.id/id/umm-news-4251-sambil-skripsi-mahasiswa-umm-bisa-kerja-paruh-waktu.html
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar